Mitigasi » Sekolah Lapang Iklim (SLI)

Sekolah Lapang Iklim

Fantastis, Hasil Panen menjadi Dua Kali Lipat dengan SLI Tahap 3



Luar biasa, begitu sambutan singkat yang disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Jembrana, Drs. Dewa Nyoman Adnyana dalam laporannya terkait dengan Analisa Usaha Tani untuk padi Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Provinsi Bali dalam acara Field Day/ Panen Raya, Senin tanggal 19 Agustus 2013.

Umumnya sesuai dengan hasil Analisa Usaha Tani yang dilakukan BPS di kabupaten Jembrana, rata-rata hasil panen petani di panen ke 2 (gadu) sekitar 4-5 ton/Ha, namun hasil yang luar biasa di capai oleh padi SLI Tahap 3 Provinsi Bali yaitu mencapai 8,14 ton/Ha, begitu disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Jembrana dihadapan Bupati Jembrana, Kadis Pertanian Kabupaten Jembrana, Kepala BPTPH Provinsi Bali, Kepala BPTP Provinsi Bali, Kepala Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim, Ibu Dra Nurhayati, MSc, Kepala UPT BMKG se Provinsi Bali, Camat Negara serta beberapa undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim, Ibu Nurhayati menyampaikan bahwa pengetahuan petani dalam mengantisipasi iklim ekstrim perlu ditingkatkan, adaptasi terhadap perubahan cuaca dan iklim oleh para petani dengan pendampingan pemandu dari BMKG dan pertanian terbukti telah bisa meningkatkan hasil panen di Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Provinsi Bali, walaupun pada kenyataannya padi ditanam pada cuaca/iklim yang cukup ekstrim dengan peningkatan curah hujan di musim kemarau.

Bupati Jembrana, I Putu Artha SE, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada BMKG yang telah mengadakan acara yang mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan petani di wilayah kerjanya, Kabupaten Jembrana, khususnya dalam mengantisipasi dampak iklim ekstrim akibat pengaruh perubahan iklim yang sekarang sudah mulai dirasakan dampaknya. Bupati mengharapkan agar kegiatan ini diteruskan sehingga semakin banyak petani yang merasakan manfaatnya.

Acara Field Day/ Panen Raya SLI Tahap 3 Provinsi Bali dimeriahkan dengan pemutaran film perdana “Album SLI 3 Bali” karya kreatif para pegawai Stasiun Klimatologi Negara yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para undangan dan hadirin.

Tepat sekitar pukul 09.30 WITA, acara Field Day/Panen Raya ditutup dengan panen secara simbolis oleh Bupati Jembrana yang didampingi oleh para undangan yang diikuti oleh para peserta SLI Tahap 3 Provinsi Bali sebagai tanda ditutupnya secara resmi rangkaian kegiatan Sekolah Lapang Iklim tahap 3 Provinsi Bali Tahun 2013.



Peringatan Dini Kekeringan

Update 12 Juni 2017, 10:55:46 WIB
Ditujukan ke : Jabar

Peringatan Dini Kekeringan, update 10/06/2017 di Jawa Barat ; Daerah tidak hujan berturut-turut kriteria Sangat Panjang (31 - 60 hari) terjadi di Losarang (Kab. Indramayu).

Selengkapnya
Copyright ©2013
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika